Semut Masuk ke Dalam Telinga? Ini Cara Mengeluarkannya… Bantu Share Artikel Bermanfaat

Thursday, January 12th, 2017 - Tips

Telinga kemasukan semut memang berbahaya dan bikin orang panik. Banyak orang mencoba mengeluarkan semut di telinga dengan meneteskan air di telinga kemudian menggoyang-goyangkan kepala atau menggunakan cotton bud. Ternyata cara tersebut salah.

Tindakan pertama yang bisa dilakukan bila semut masuk ke dalam telinga adalah arahkan telinga ke arah cahaya (bisa menggunakan lampu senter), karena semut mencari sumber cahaya. Lakukan sekitar 1 menit dengan harapan semut bisa keluar.

Tindakan berikutnya yaitu menutup hidung, mulut, dan telinga yang tidak kemasukan. Telinga, hidung , dan mulut saling berhubungan. Dengan ditutupnya hidung, mulut, dan telinga yang tidak kemasukan, diharapkan semut kehabisan oksigen di dalam telinga dan akhirnya bergerak untuk keluar.

Alternatif selanjutnya adalah mengoleskan minyak kayu putih di daerah daun telinga. Nanti semut akan keluar dengan sendirinya.

Apabila semut tidak keluar juga, teteskan baby oil ke telinga (tanpa mengoreknya) kemudian segeralah ke dokter THT agar telinga disedot dengan alat vakum. Ingat, jangan mengorek telinga.

Dilarang mengorek telinga karena akan menyebabkan iritasi/luka, berakibat nyeri telinga bahkan dapat merobek gendang telinga yang menyebabkan ketulian yang dapat permanen bila gendang telinga yang robek/pecah/berlubang tidak menutup kembali.

Tahukah Anda? Semut atau serangga lain yang masuk ke telinga tidak akan masuk kedalam otak atau bagian kepala lain selama gendang telingan tidak pecah atau robek. Jadi selama gendang telinga sehat, tidak akan jadi masalah. Meneteskan air ke dalam telinga malah membuat semut merasa terancam dan bisa menggigit dinding telinga.

Cara-cara di atas adalah alternatif tindakan pertama  saja. Cara terbaik untuk mengeluarkan binatang yang masuk ke liang telinga adalah ke dokter THT karena mempunyai alat untuk melihat langsung kondisi telinga dan alat khusus untuk meyakinkan /mengeluarkan binatang / benda asing tersebut bila masih ada di dalam liang telinga.

Penting! Untuk menghindari semut masuk telinga pada anak kecil, jangan biarkan anak tidur bersama makanannya. Sebaiknya baik orang tua maupun anak tidak makan di tempat tidur karena remahan makanan bisa mendatangkan semut.

 

Semut Masuk ke Dalam Telinga? Ini Cara Mengeluarkannya… Bantu Share Artikel Bermanfaat | admin | 4.5